Seputar Karir

Hard Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja Sebagai Management Consultant

Ada beragam soft skill maupun hard skill yang dibutuhkan di dunia kerja pada bidang apapun, termasuk management consultant. Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah soft skill maupun hard skill, bukan?

Hard skill (keterampilan teknis) dan soft skill (keterampilan non teknis) memiliki porsi yang sama-sama penting dalam bidang pekerjaan apa saja. Dalam lowongan kerja apapun, biasanya perusahaan mencantumkan kedua keterampilan tersebut dalam persyaratannya.

Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas ragam soft skill yang perlu diasah dan dimiliki untuk Anda yang tertarik menjadi business consultant, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang hard skill yang dibutuhkan. Simak penjelasan berikut selengkapnya!

Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill

Sebelum menjabarkan apa saja hard skill yang dibutuhkan di dunia kerja sebagai management consultant, terlebih dahulu mari kenali perbedaan antara kedua keterampilan tersebut.

Hard skill adalah keterampilan teknis secara khusus dan terukur yang diperlukan dalam pekerjaan sesuai profesi yang digeluti. Untuk menguasai keterampilan teknis, seseorang dapat mempelajarinya melalui pendidikan formal, pelatihan, atau workshop.

Contoh keterampilan teknis (hard skill) antara lain:

  1. Kemampuan Berbahasa Asing
  2. Content Writing
  3. Video Editing
  4. Desain Grafis
  5. Digital Marketing

Sementara soft skill dipahami sebagai kemampuan interpersonal yang mencakup kecerdasan sosial, emosional, hingga komunikasi. Ini adalah keterampilan yang sifatnya lebih general sehingga dikategorikan sebagai keterampilan non teknis.

Contoh soft skill antara lain:

  1. Berpikir kritis, analitis, kreatif
  2. Kepemimpinan
  3. Time management
  4. Komunikasi
  5. Public speaking, dll

Baca Juga: Kuasai 5 Soft Skill ini Untuk Menjadi Konsultan Manajemen Profesional

Baik hard skill maupun soft skill saling melengkapi satu sama lain. Jika diibaratkan, hard skill merupakan kendaraan yang Anda gunakan untuk mencapai tujuan tertentu, sedangkan soft skill merupakan pakaian yang melengkapi Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Lantas, hard skill apa yang dibutuhkan seseorang untuk berkarir di bidang management consultant? Berikut ulasannya.

Hard Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja Sebagai Management Consultant

Orang yang bekerja di bidang management consultant (konsultan manajemen) perlu memiliki sejumlah keterampilan teknis untuk menunjang pekerjaannya agar dapat perform dan menghasilkan kinerja yang optimal. Adapun keterampilan teknis tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Mengoperasikan Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint)

Pertama, hard skill yang dibutuhkan di dunia kerja khususnya bidang management consultant yaitu mengoperasikan program-program Microsoft Office. Yakni meliputi Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint.

Seorang management consultant dalam pengerjaan daily task-nya akan berhubungan dengan berbagai dokumen, misalnya untuk membuat laporan, perencanaan, dan sebagainya secara terstruktur dan sistematis. Excel membantu pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan data menjadi lebih mudah.

Sementara PowerPoint merupakan alat tempur penting pada saat mempresentasikan data, hasil riset, hingga saran kepada klien. Yakni berupa strategi perencanaan, atau solusi yang dibutuhkan oleh klien.

2. Memiliki Kemampuan Analisis

Beragam data yang telah dikumpulkan merupakan sekumpulan informasi. Dari data-data yang telah dikumpulkan dan dianalisis tersebut Anda dapat menarik sebuah kesimpulan atau informasi yang penting untuk menentukan solusi yang tepat bagi klien, untuk memecahkan masalah mereka.

Informasi dari data-data tersebut tentunya akan berarti banyak jika Anda mampu membedah atau menganalisisnya secara akurat. Itulah sebabnya, seorang konsultan bisnis harus memiliki kemampuan analisis kuantitatif maupun kualitatif.

Dalam hal ini, kemampuan mengoperasikan excel dan kemampuan statistika sangatlah dibutuhkan.

2. Keterampilan Visualisasi Data

Hard skill yang dibutuhkan di dunia kerja bidang management consultant berikutnya adalah kemampuan visualisasi data. Secara sederhana, ini merupakan kemampuan mengkomunikasikan data-data secara visual sehingga lebih mudah dipahami.

Kemampuan visualisasi data yang baik akan memudahkan rekan kerja maupun klien Anda untuk memahami solusi berbasi data yang ditawarkan oleh pihak konsultan.

4. Memiliki Pengetahuan Bisnis dari berbagai Jenis Industri

Pengetahuan bisnis adalah hard skill yang dibutuhkan di dunia kerja berikutnya sebagai management consultant. Hal ini karena Anda akan bekerja untuk klien dari berbagai industri yang berbeda-beda.

Untuk menghasilkan sebuah solusi yang tepat sasaran, tentunya Anda perlu memahami bagaimana suatu bisnis bekerja. Pelajari key strategic factors dan studi kasus industri besar yang dicakup oleh perusahaan konsultan manajemen impian Anda.

5. Kemampuan Bahasa Asing

Memiliki kemampuan bahasa asing adalah modal penting untuk memulai karir di dunia kerja. Tak terkecuali bagi Anda yang akan berkecimpung sebagai management consultant, karena Anda akan bertemu dengan banyak klien dari perusahaan yang berbeda-beda skala bisnisnya.

Perusahaan konsultan manajemen bisnis top notch tentunya memiliki klien berskala nasional hingga internasional. Dengan memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, tentunya akan memudahkan komunikasi dan meminimalisir terjadinya kesalahpahaman.

Setidaknya, Anda mampu berbahasa Inggris karena ini adalah bahasa asing paling dasar untuk menunjang karir Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda menguasai bahasa asing lainnya seperti Mandarin, bahasa Jepang, dan lain-lain.

Persaingan di dunia kerja menuntut Anda untuk memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan tiap perusahaan, hal ini agar Anda dapat memberikan performa terbaik selama bekerja. Daftar hard skill yang dibutuhkan di dunia kerja di atas penting untuk Anda asah dan kuasai jika ingin berkarir sebagai management consultant. 

Baca Juga: Bekerja di Perusahaan Konsultan Manajemen Bagi Fresh Graduate, Ini Keuntungannya!

Anda tidak perlu khawatir, hard skill dan soft skill dapat terus diasah meski Anda sudah memasuki dunia kerja. Lingkungan kerja yang baik akan mendukung perkembangan Anda dalam berproses menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Selama 21 tahun berkiprah, Skha telah membuktikan pentingnya mewujudkan lingkungan kerja yang sehat dengan terus mengembangkan hard skill maupun soft skill timnya. Pelajari berbagai kesempatan untuk berkarir bersama kami melalui laman karir Skha.

Share this Article:

Artikel

Artikel Terkait

Simak cerita, penelitian, dan pengalaman dari Skhantorian.

Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form