...
Seputar Karir

Mengenal Apa itu Sertifikasi Konsultan Manajemen

Bekerja sebagai konsultan manajemen merupakan kesempatan yang sangat baik, khususnya bagi Anda yang ingin mengembangkan bakat diri sekaligus memiliki pendapatan dengan nilai cukup lumayan. Menjadi seorang konsultan manajemen juga membuka celah jejaring bisnis yang luas karena Anda akan bertemu dengan banyak orang baru di dunia profesional.

Seorang konsultan manajemen yang dipercaya tentu berkaitan dengan kredibilitas dan kemampuan diri. Untuk memastikannya, diperlukan adanya sertifikasi konsultan manajemen yang mendukung kredibilitas seorang konsultan.

Apa itu sertifikasi konsultan manajemen dan apa manfaatnya bagi kehidupan profesional Anda? Bagaimana cara mendapatkan sertifikasi resmi konsultan manajemen?

Mengenal Peran Konsultan Manajemen

Seberapa penting keberadaan sertifikasi konsultan manajemen untuk klien, berhubungan erat dengan peran konsultan itu sendiri terhadap sebuah perusahaan. Konsultan manajemen berperan penting dalam menemukan masalah, memberikan solusi, serta mengajukan ide dan saran untuk pengembangan bisnis di masa depan.

Hal ini tentu tergantung pada proses pengambilan keputusan manajemen. Sebuah proyek konsultasi dikatakan berhasil apabila saran dari konsultan dilakukan secara menyeluruh.

Hal ini sepenuhnya merupakan hak manajemen, apakah mereka akan melakukan saran dari konsultan atau tidak. Di sinilah pentingnya kepercayaan dan kredibilitas seorang konsultan manajemen

Manfaat Memiliki Sertifikasi Resmi Konsultan Manajemen

Ada sejumlah manfaat yang dapat langsung Anda rasakan ketika memiliki sertifikasi resmi konsultan manajemen. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

1. Meningkatkan kredibilitas

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, sertifikasi konsultan manajemen akan menambah kredibilitas serta profesionalitas seorang konsultan. Mungkin Anda sudah memiliki ijazah pendidikan tinggi untuk membuktikan bahwa Anda memang punya pengetahuan di bidang ini.

Namun, sertifikasi akan membuktikan bahwa ada keahlian spesifik yang semakin menguatkan penilaian klien terhadap Anda.

2. Menaikkan nilai kompetitif

Di dunia profesional, konsultan tentu bukan hanya Anda. Ada banyak pilihan bagi klien untuk mendapatkan konsultasi dengan berbagai pertimbangan. Salah satu pertimbangannya tentu keahlian dan spesialisasi konsultan tersebut. Nah, memiliki sertifikat konsultan akan membantu Anda untuk lebih kompetitif di antara banyak konsultan lain.

3. Menunjukkan spesialisasi

Sertifikasi akan menunjukkan bahwa Anda memiliki spesialisasi terhadap satu bidang khusus. Hal ini akan menjadi nilai tambah ketika klien membutuhkan satu spesialisasi khusus untuk menangani sebuah proyek.

4. Peluang pendapatan lebih tinggi

Manfaat sertifikasi konsultan manajemen berikutnya adalah peluang untuk pendapatan yang lebih tinggi. Sertifikasi menunjukkan bahwa Anda memiliki nilai jual yang lebih dibandingkan dengan kandidat lainnya.

Jadi, tidak ada salahnya bila Anda memasang nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan konsultan lain.

Baca Juga: Mengenal Ragam Sertifikasi Konsultan yang Perlu Anda Ketahui

Cara Mendapatkan Sertifikasi Konsultan Manajemen

Untuk mendapatkan sertifikasi konsultan manajemen, ada sejumlah persyaratan selain mengajukannya melalui lembaga sertifikasi konsultan manajemen. Kandidat sertifikasi minimal harus memiliki tiga tahun pengalaman menjadi konsultan, baik internal maupun independen, dengan lima hasil evaluasi dari klien yang memuaskan.

Selain itu, ada tes tulis dan lisan yang harus dilewati dalam proses sertifikasi. Proses sertifikasi biasanya butuh paling sedikit tiga bulan, tergantung seberapa cepat Anda bisa mendapatkan referensi secara lengkap.

Dalam kurun waktu tersebut, Anda harus mengumpulkan hasil evaluasi klien serta melakukan tes tulis online. Selain itu, Anda juga perlu untuk menjadwalkan diri mengikuti wawancara panel.

Meski ada sejumlah biaya yang harus dibayarkan untuk mengambil tes sertifikasi ini, hal ini sepadan dengan apa yang akan Anda dapatkan dengan sertifikasi konsultan ini nantinya. Mendapatkan sertifikasi konsultan manajemen memang butuh sedikit usaha.

Namun, usaha tersebut pasti terbayarkan ketika Anda jadi lebih kredibel dalam pandangan profesional. Setelah punya sertifikasi konsultan manajemen yang resmi, pastikan Anda bergabung dengan perusahaan konsultasi yang juga kredibel, seperti Skha, agar manfaat menjadi konsultan jadi lebih terasa.

Skha adalah perusahaan konsultan manajemen yang dapat menjadi tempat bagi Anda untuk bertumbuh dan berkembang bersama. Skha menjadi solusi konsultasi bagi lebih dari 100 klien dengan 500++ proyek yang berhasil diselesaikan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi Konsultan Manajemen yang Kompeten?

Pengalaman ini tentu dapat menjadi bekal bagi Anda untuk menjalin kerja sama dengan berbagai klien, sehingga Anda dapat mengembangkan skill seiring pengalaman yang Anda terima. Cari tahu peluang bekerja sebagai konsultan di Skha melalui laman karir di Skha.

Share this Article:

Artikel

Artikel Terkait

Simak cerita, penelitian, dan pengalaman dari Skhantorian.

Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form