...
Lainnya

Pengertian Strategi Bisnis, Fungsi, & Contoh yang dapat Diterapkan

Strategi bisnis adalah upaya suatu perusahaan dalam mengambil kebijakan untuk membangun keunggulan dalam persaingan bisnis. Tujuannya untuk dapat memenuhi dan mencapai visi misi serta target bisnis perusahaan.

Dengan demikian perusahaan mampu menentukan arah tujuan dengan mengidentifikasi masalah dari segi pasar, kompetitor, dan lain sebagainya. Strategi ini membantu berbagai departemen bekerja sama mendukung perusahaan secara menyeluruh.

Strategi bisnis membantu perusahaan untuk mengantisipasi masalah dan menyiasati trend bisnis yang terus berubah. Sehingga rintangan yang menghadang, maupun goals yang ditetapkan dapat terwujud.

Berikut ini pembahasan lengkap seputar strategi bisnis yang wajib Anda pahami. Simak selengkapnya!

Ketahui Fungsi dari Strategi Bisnis

Dari pengertian strategi bisnis kita bisa menilai bahwa strategi bisnis sangat penting untuk dirancang dan diterapkan demi mencapai kemajuan perusahaan. Setiap bisnis pasti memiliki tim khusus yang merancangnya kemudian memaksimalkan implementasinya. Berikut fungsi dari penerapan strategi dalam bisnis.

1. Fungsi perencanaan

Membantu pebisnis dan semua sumber daya manusia yang ada untuk

2. Menilai kekuatan dan kelemahan

Selanjutnya, strategi bisnis berfungsi untuk. Poin-poin tersebut kemudian menjadi acuan untuk menangani sebuah masalah dan meminimalisir risiko yang mungkin terjadi akibat kelemahan yang dimiliki perusahaan.

3. Efisiensi

Rencana bisnis juga memiliki fungsi efisiensi dalam mengalokasikan sumber daya secara efektif.

4. Kontrol

Memberi ruang bagi pimpinan atau pemilik usaha untuk melakukan kontrol atas aktivitas organisasi, sehingga aktivitas tersebut memberikan kontribusi terhadap perusahaan.

5. Menciptakan Keunggulan kompetitif

Penerapan strategi bisnis juga membantu perusahaan untuk menciptakan keunggulan kompetitif guna mencapai sebuah tujuan. Yaitu dengan me

Beberapa Contoh dari Strategi Bisnis

Berikut beberapa contoh strategi bisnis yang dapat diterapkan perusahaan. Penting untuk memahami model bisnis, sumber daya yang tersedia hingga goals yang ingin dicapai sebelum menerapkannya.

1. Cross-selling

Tidak sedikit organisasi fokus menjual lebih banyak produk ke pelanggan yang sama, ini dinamakan cross-selling. Cara seperti ini paling efektif diterapkan pada perusahaan pemasok peralatan kantor dan bank, serta retailer online.

Dengan meningkatkan jumlah produk yang ditawarkan pada tiap pelanggan, Anda dapat meningkatkan ukuran belanja rata-rata konsumen. Peningkatan sekecil apapun asal berkelanjutan tentunya akan mempengaruhi profitabilitas.

2. Produk atau layanan inovatif

yang terus mengalami perkembangan. Yaitu dengan menciptakan produk-produk mutakhir sebagai penegasan karakteristik dan ciri khas.

Perkembangan teknologi menjadi keuntungan bagi tiap perusahaan untuk menciptakan produk sekaligus solusi atas permasalahan yang dialami masyarakat. Sehingga hal ini dapat menjadi celah bisnis.

3. Pengembangan produk baru

Tidak hanya fokus pada produk utama saja, untuk membidik pasar yang lebih luas penting untuk mempertimbangkan pengembangan produk baru yang tentunya tetap menjawab kebutuhan konsumen.

4. Meningkatkan pelayanan yang berkualitas

Salah satu contoh strategi bisnis berikutnya yaitu dengan meningkatkan pelayanan bagi pelanggan. Mulai membangun reputasi baik dan kuat dalam hal layanan pelanggan.

Contohnya dengan memberikan dukungan online atau pusat panggilan yang lebih efektif. Menyediakan kolom pengaduan, memberikan solusi dengan cepat dan tepat melalui customer service.

5. Mengakuisisi perusahaan baru

Akuisisi merupakan salah satu strategi bisnis yang dapat Anda lakukan. Berkolaborasiyang memiliki pasar potensial tentunya akan memperluas pasar Anda.

Anda juga sudah otomatis memiliki pelanggan tetap dari jenis produk perusahaan yang Anda akuisisi tersebut. Namun, sebelum akuisisi Anda harus melakukan analisis mendalam terkait perusahaan mana dan seberapa besar risiko yang dihadapi.

Nah, itulah penjelasan sederhana terkait pengertian strategi bisnis. Apakah Anda sudah menentukan ingin menerapkan strategi bisnis yang mana?

Skha merupakan perusahaan konsultan manajemen yang telah berkiprah selama 21 tahun. Tertarik untuk menentukan strategi bisnis yang cocok dengan model bisnis Anda? Kunjungi laman layanan Skha dan hubungi kami secara online untuk informasi selengkapnya.

Baca Juga: 5 Peran Konsultan Manajemen dalam Memajukan Bisnis

Pelajari juga berbagai informasi terupdate di dunia bisnis melalui laman artikel kami.

Share this Article:

Artikel

Artikel Terkait

Simak cerita, penelitian, dan pengalaman dari Skhantorian.

Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form