...

Mengenal Lebih Dekat Industri Energi: Jenis-jenis dan Contoh Perusahaannya

Sebagai negeri yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), Indonesia dikaruniai dengan hasil bumi yang menakjubkan. Hasil bumi ini berupa kekayaan mineral yang dapat ditambang untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Salah satu alasan mengapa sektor industri ini sangat berkembang di tanah air adalah karena Indonesia memiliki banyak sumber energi. Batu bara, gas, minyak, tenaga surya, listrik, dan masih banyak lagi lainnya dari bumi Indonesia.

Sektor ini tidak hanya sebatas eksplorasi saja, tapi juga termasuk kegiatan produksi, penjualan, ekstraksi, manufaktur, distribusi, juga pemurnian. Jadi, kegiatannya ada berbagai macam dan dapat dilakukan oleh perusahaan yang berbeda-beda.

Apa itu Industri Energi dan Jenis-jenisnya

Secara sederhana, industri energi merupakan kegiatan usaha yang mencakup berbagai kegiatan mulai dari mendapatkan, mengolah, menjual, mengekstraksi, memurnikan, hingga melakukan distribusi di bidang energi.

Setidaknya, di Indonesia terdapat 8 jenis industri energi yang paling populer. Berikut penjelasannya:

1. Minyak dan Gas Bumi

Industri minyak dan gas bumi atau migas mencakup proses eksplorasi, ekstraksi, pengilangan, transportasi, hingga pemasaran produk untuk sampai ke tangan masyarakat.

Hasil terbesar dari industri ini yaitu sebagai bahan bakar minyak (BBM), hingga kebutuhan domestik untuk memasak berupa gas dapur.

2. Tenaga Listrik

Industri energi yang satu ini keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, yaitu listrik. Di mana layanannya mulai dari pembangkit listrik, serta distribusi kepada masyarakat.

Bahan baku listrik pun berbagai macam, yang paling populer di Indonesia yaitu batu bara. Tetapi ada juga tenaga air, angin, hingga tenaga surya.

3. Batubara

Batu bara juga merupakan salah satu industri energi yang pemanfaatannya cukup banyak. Batu bara berasal dari akumulasi sisa-sisa tumbuhan yang mati dan tidak mengalami pembusukan dengan sempurna, seiring berjalannya waktu, persentase karbon akan terbentuk.

Manfaat batu bara sangatlah banyak, mulai dari bahan bakar pembangkit listrik, dapat menghasilkan produk gas, membantu industri baja, membantu produksi pupuk pertanian, dan masih banyak lagi.

4. Tenaga Nuklir

Di Indonesia sudah terdapat 3 reaktor riset yang hingga kini masih beroperasi dengan baik, yakni reaktor TRIGA 2000 di Bandung, Reaktor Kartini, di Yogyakarta, dan Reaktor GA Siwabessy di Serpong.

Reaktor nuklir di Indonesia sudah dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Seperti di bidang kesehatan, reaktor nuklir mampu menghasilkan radioisotop dan radiofarmaka.

5. Energi Terbarukan

Terdiri atas perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam pengembangan energi alternatif dan berkelanjutan, seperti pembangkit listrik tenaga air, tenaga angin, atau tenaga surya.

Baca Juga: Kupas Tuntas Apa itu Fintech, Jenis-Jenis dan Dasar Hukumnya

6 Contoh Perusahaan Energi di Indonesia

Berikut beberapa contoh perusahaan energi minyak dan gas bumi terbesar di Indonesia.

  • Chevron

Chevron Corporation merupakan salah satu perusahaan energi terbesar di dunia yang berasal dari Amerika. Melalui PT Chevron Pasific Indonesia, perusahaan ini menjadi produsen minyak mentah terbesar yang menyumbang 40 persen produksi minyak nasional.

  • ExxonMobil

Perusahaan yang juga berasal dari Amerika ini menguasai blok milik Royal Dutch Shell di Cepu, Jawa Tengah.

  • Petronas

Petroliam Nasional Berhad atau yang disingkat menjadi Petronas merupakan perusahaan minyak dan gas asal Malaysia. Di Indonesia, Petronas merupakan operator dari Kontrak Kerja Sama North Madura II di lepas pantai Jawa Timur dan rekanan dari enam Kontraktor Kerja Sama lainnya d daratan dan lepas pantai Sumatra, Natuna, Jawa Timur, dan Indonesia Timur.

  • Premier Oil

Premier Oil merupakan perusahaan minyak asal Inggris yang baru-baru ini berhasil menemukan cadangan minyak dan gas bumi di Blok Andaman II 150 km lepas pantai Aceh, tepat di perbatasan Indonesia-Vietnam.

  • Pertamina

Pertamina merupakan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang berdiri pada tahun 2005. Pertamina merupakan usaha hulu hingga hilir di bidang minyak dan gas bumi yang meliputi eksplorasi, eksploitasi, dan penjualan produksi  minyak dan gas bumi hasil kegiatan eksploitasi.

  • PLN

PLN atau PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) merupakan badan usaha milik negara yang melayani pendistribusian kelistrikan dengan membagikan fungsi unit induknya ke dalam beberapa unit induk berdasarkan sistem tenaga listrik mulai dari pembangkitan, transmisi, hingga distribusi.

Perusahaan energi juga mengalami tantangan di era digital. Pemanfaatan teknologi tak hanya diimplementasikan untuk kebutuhan eksplorasi, namun juga bidang lainnya.

Sebagai konsultan manajemen bisnis yang telah berkiprah selama 21 tahun, Skha telah membantu berbagai macam bisnis lintas industri untuk mengidentifikasi tantangan dan merumuskan solusi yang terpersonalisasi untuk tiap kliennya.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank di Indonesia

Pelajari lebih lanjut ragam jasa yang kami miliki melalui laman servis kami, dan dapat info menarik lainnya seputar dunia bisnis dan ekonomi melalui laman artikel kami.

Sumber:

“5 Perusahaan Asing Konglomerasi di Indonesia.” Ekonomi.bisnis.com. 21 Jun. 2022. https://ekonomi.bisnis.com/read/20220621/44/1545949/5-perusahaan-asing-konglomerasi-migas-di-indonesia#:~:text=Lewat%20PT%20Chevron%20Pasific%20Indonesia,sekitar%2040%20persen%20produksi%20nasional. Diakses pada 1 Agustus 2022.

Share this Article:

Artikel

Artikel Terkait

Simak cerita, penelitian, dan pengalaman dari Skhantorian.

Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form