...

Tantangan Industri FMCG di Era Digital dan Ragam Solusinya

Pandemi telah membawa perubahan jangka panjang pada cara perusahaan melakukan bisnis, salah satunya terkait inisiatif transformasi digital. Contoh inisiatif transformasi digital adalah karyawan yang saat ini dapat bekerja dari jarak jauh.

Terutama bagi industri FMCG, inisiatif transformasi digital ini merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan kelangsungan hidup bisnis. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai tantangan industri FMCG di era digital dan ragam solusinya, mari simak di artikel berikut!

Apa Itu Industri FMCG?

FMCG (Fast Moving Consumer Goods) mengacu pada produk yang sangat diminati, dijual dengan cepat, dan terjangkau. Produk FMCG dianggap “cepat bergerak” karena konsumen menggunakannya secara teratur.

Contoh produk-produk FMCG meliputi makanan dan minuman kemasan, perlengkapan mandi, alat tulis, obat bebas, produk pembersih, barang plastik, produk perawatan pribadi, serta barang elektronik konsumen yang relatif terjangkau seperti ponsel dan headphone.

Beberapa produk FMCG juga sangat mudah rusak, seperti daging, produk susu, makanan yang dipanggang, buah-buahan, dan sayuran. Tingkat penjualan produk FMCG biasanya dipengaruhi oleh diskon yang ditawarkan oleh toko, serta faktor hari libur dan periode musiman lainnya.

Tantangan Industri FMCG

Industri FMCG termasuk jenis bisnis yang cakupannya besar, namun bukan berarti bisnis ini tidak memiliki sejumlah tantangan. Tantangan utama industri FMCG berasal dari produk yang rata-rata mempunyai margin keuntungan kecil dan usia produk yang pendek.

Agar bisnis di industri FMCG tetap dapat memperoleh keuntungan maksimal, bisnis harus bisa menjual produk sebanyak, secepat, dan seefisien mungkin. Tantangan tersebut juga membuat perusahaan FMCG sangat memerlukan tenaga pemasaran seperti Sales Executive yang cerdas untuk menggaet banyak pelanggan.

Perusahaan FMCG juga perlu mencari solusi yang berhubungan dengan dampak lingkungan mengingat sebagian besar produk FMCG berupa kemasan. Diperlukan juga solusi untuk memperpanjang umur simpan produk yang mudah rusak dan memproduksi barang dengan biaya yang lebih rendah.

Peluang Bisnis FMCG di Era Digital

Di Indonesia, industri FMCG merupakan salah satu industri utama yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan ekonomi nasional. Bahkan, FMCG menjadi salah satu industri di tanah air yang tidak begitu terpengaruh selama pandemi COVID-19.

Secara keseluruhan, Indonesia mencatat perubahan positif dalam nilai pasar FMCG sebesar 8,8% year-on-year pada kuartal ketiga tahun 2020 lalu dan terus tumbuh secara menjanjikan hingga tahun 2022. Khususnya di era digital seperti sekarang, peluang bisnis FMCG semakin besar.

Besarnya peluang bisnis FMCG di era digital didukung oleh kemudahan akses pemenuhan permintaan pasar, misalnya dengan banyaknya toko online yang mendukung pembayaran instan dan sistem pengiriman yang cepat. Bisnis FMCG, jika dilihat dari prospek dan tren saat ini, bisa dikatakan tetap memiliki peluang terbaik untuk terus tumbuh.

Tips Menghadapi Tantangan Industri FMCG

Untuk menghadapi berbagai tantangan industri FMCG tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Laporan yang Komprehensif

Perusahaan FMCG umumnya menggunakan data riset pasar internal, riwayat penjualan, dan data dari vendor untuk menyusun laporan perusahaan. Berbagai jenis data tersebut penting bagi FMCG meskipun informasi yang lebih luas juga dibutuhkan mengingat pelanggan yang beragam.

Ada kemungkinan informasi yang diperoleh perusahaan cenderung terbatas dan lebih sulit diperoleh jika datanya dikumpulkan secara manual. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk menggabungkan data-data yang ada untuk mendapatkan wawasan yang lebih kaya.

Tujuannya tidak lain agar data-data tersebut dapat digunakan untuk mendukung strategi penjualan dan pemasaran yang tepat. Itulah mengapa penggunaan teknologi seperti big data dan geospasial memainkan peran krusial dalam hal membantu dan mempermudah analisis data.

2. Evaluasi kinerja perusahaan

Evaluasi kinerja perusahaan sangat penting dilakukan agar perusahaan FMCG dapat merancang strategi bisnis untuk masa depan. Penentuan strategi yang disusun berdasarkan evaluasi dan prediksi penjualan dapat meningkatkan peluang keuntungan perusahaan FMCG secara keseluruhan.

Perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi atau perangkat lunak untuk menentukan cara pemasaran produk berdasarkan pola pembelian pelanggan, membantu mengidentifikasi produk yang akan dijual berdasarkan riwayat penjualan, serta mengoptimalkan pengelolaan inventaris dan gudang.

3. Gunakan aplikasi manajemen

Penggunaan aplikasi manajemen yang mampu membantu mengumpulkan data dan menggunakannya untuk pengambilan keputusan juga penting bagi perusahaan FMCG di era digitalisasi seperti saat ini. Aplikasi business intelligence yang memanfaatkan sistem teknologi bisnis membuat perusahaan mampu beradaptasi dengan perubahan yang cepat karena para pesaing juga mulai memanfaatkan teknologi serupa.

Sebagai industri barang konsumsi yang tidak tahan lama, FMCG perlu mengikuti perkembangan yang ada. Tidak hanya konsumen, para pesaing di industri FMCG juga bisa menjadi tantangan tersendiri.

Oleh karena itu, setiap perusahaan FMCG harus siap menghadapi setiap perubahan dengan merencanakan strategi transisi dari model tradisional ke model digital dan inovatif. Demikian informasi tentang tantangan industri FMCG di era digital dan ragam solusinya.

Untuk Anda yang menjalankan bisnis di industri FMCG dan berniat melakukan transformasi digital, Anda dapat menggunakan layanan yang menyediakan jasa konsultasi manajemen bisnis, termasuk untuk industri FMCG.

Melalui layanan Business Design, tim profesional dan berpengalaman dari Skha Consulting akan melakukan pendampingan implementasi rencana transformasi melalui serangkaian project management yang terstruktur dan komprehensif.

Dengan mempertimbangkan seluruh dinamika yang ada, tim Business Design dari Skha Consulting akan membantu mewujudkan target perusahaan FMCG Anda di era digital. Informasi selengkapnya bisa Anda. Kunjungi laman layanan implementasi bisnis Skha untuk informasi selengkapnya.

Reference:

https://www.topkarir.com/article/detail/apa-itu-fmcg-ini-jenis-produk-dan-contoh-perusahaannya-di-indonesia

https://www.beritasatu.com/ekonomi/536112/tiga-tantangan-utama-industri-fmcg-di-indonesia

https://blog.usetada.com/id/tantangan-industri-fmcg-saat-ini-startup-dan-brand-kecil

https://blog.usetada.com/id/peluang-industri-fmcg-di-indonesia-2022

https://www.skhaconsulting.com/

Share this Article:

Artikel

Artikel Terkait

Simak cerita, penelitian, dan pengalaman dari Skhantorian.

Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form