...
Lainnya

Mengenal Apa Itu Perusahaan Konsultan Manajemen & Peranannya Bagi Bisnis Anda

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu Anda akan dihadapkan dengan berbagai tantangan kompleks yang membutuhkan solusi berbasis data. Maka dari itu, kehadiran perusahaan konsultan manajemen tentunya akan sangat membantu bagi tiap perusahaan apapun jenis industrinya.

Pada artikel kali ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda tentang perusahaan konsultan manajemen (management consultant) beserta perannya bagi bisnis Anda.

Apa Itu Perusahaan Konsultan Manajemen?

Perusahaan konsultan manajemen atau yang akrab dikenal sebagai konsultan manajemen bisnis adalah jasa profesional yang menyediakan tenaga kerja ahli untuk memecahkan masalah kompleks terkait bisnis yang dihadapi kliennya. Perusahaan konsultan manajemen juga dapat membantu perusahaan Anda untuk mencapai goals yang ingin dituju dari tiap proyek yang dijalani.

Goals yang akan dituju tentunya akan dipetakan dengan lebih detail dan sesuai dengan prinsip SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-Based). 

Dalam hal ini, seorang management consultant bekerja secara berkelompok untuk mengidentifikasi suatu masalah dan merumuskan solusi terbaik yang akan diimplementasikan kepada klien.

Objektif utamanya yaitu memberikan petunjuk, pertimbangan, saran, hingga membantu klien mengimplementasikannya secara mandiri. Adapun step by step yang akan dilakukan oleh konsultan manajemen bisnis yaitu berupa:

  1. Memetakan objektif dari proyek
  2. Melakukan riset dan pengumpulan data
  3. Mengidentifikasi masalah dan rekomendasi solusi
  4. Berdiskusi dengan klien
  5. Membuat hasil kerja (deliverables)

Melalui peranan tersebut, konsultan dapat memberikan solusi strategis untuk menjawab kebutuhan para klien. Selain mengetahui apa itu perusahaan konsultan, Anda juga perlu memahami mengapa layanan ini penting untuk bisnis Anda. Berikut alasan pentingnya menggunakan jasa konsultan manajemen:

  1. Ditangani secara profesional oleh para ahli di bidangnya, sehingga rekomendasi yang diberikan bersifat objektif dan solutif.
  2. Cost savings. Jika Anda menggunakan jasa perusahaan konsultan manajemen, Anda hanya akan membayar sesuai dengan layanan yang Anda butuhkan. Tentunya ini tentunya dapat memberikan penghematan yang cukup besar, dibandingkan mempekerjakan karyawan untuk menyelesaikan tugas yang serupa.
  3. Efisiensi waktu. Seorang konsultan manajemen tentunya kaya akan pengalaman dan memahami praktik terbaik untuk memecahkan masalah yang dihadapi klien. Sehingga, proyek dapat selesai pada waktu tertentu yang telah disepakati bersama.
  4. Terkustomisasi. Beragam layanan yang disediakan oleh perusahaan konsultan manajemen tidak dalam bentuk template atau one-size-fits-all-solution. Melainkan disesuaikan dengan lini bisnis klien, hingga goals yang ingin dicapai. Keunggulan inilah yang membuat solusi, strategi, serta saran yang direkomendasikan dapat lebih spesifik sesuai dengan tantangan yang dihadapi klien.
  5. Kerahasiaan yang terjaga. Sebelum memulai kerja sama, terdapat klausul kerahasiaan yang akan ditandatangani sehingga perusahaan konsultan manajemen akan merahasiakan segala data dan informasi yang diberikan klien untuk kebutuhan proyek.

Peran Konsultan Manajemen bagi Perusahaan Anda

Untuk menjawab pertanyaan apa itu perusahaan konsultan, tentu tidak lengkap jika tanpa ada penjelasan tentang apa saja peranan-peranannya. Kenali pentingnya peran perusahaan konsultan manajemen bagi bisnis Anda melalui setiap point berikut ini.

1. Planning

Konsultan manajemen membantu Anda dalam menyusun perencanaan bisnis berdasarkan permasalahan atau situasi yang dialami klien. Dalam menyusun business plan, pertama-tama konsultan akan menetapkan tujuan serta target yang diharapkan.

Setelah tujuan dan target ditetapkan, langkah berikutnya yaitu menyusun bagaimana strategi untuk mencapai tujuan serta target tersebut. Pada proses itu, pemilihan sumber daya serta penetapan standar kesuksesan adalah poin penting.

2. Organizing

Dalam menjalankan bisnis, sumber daya manusia adalah elemen penting yang harus diperhatikan. Perusahaan konsultan manajemen juga membantu mengatur sumber daya manusia (SDA) di perusahaan Anda.

Peran konsultan dalam hal ini mencakup kegiatan perekrutan, seleksi, pelatihan, hingga pengembangan sumber daya manusia. Penasihat bisnis membantu Anda menempatkan SDM pada posisi yang tepat sesuai dengan potensinya dan kebutuhan perusahaan.

3. Implementing

Peran perusahaan konsultan manajemen berikutnya yaitu membantu Anda untuk mengimplementasikan solusi yang telah dirumuskan. Dengan begitu, eksekusi terhadap perencanaan dan strategi itu sendiri berjalan secara efektif serta efisien.

Sehingga menghasilkan outcome yang sesuai berdasarkan target, tujuan, serta standar kesuksesan yang ditetapkan.

4. Directing

Peran selanjutnya dari perusahaan konsultan manajemen adalah membantu mengoptimalkan performa perusahaan secara menyeluruh dengan mengembangkan efektivitas serta efisiensi kerja. Yakni dengan cara memberikan arahan sebelum memulai action.

5. Controlling

Konsultan manajemen memiliki peran dari hulu ke hilir (end-to-end). Artinya, layanan yang diberikan tidak berhenti pada planning, hingga directing. Akan tetapi juga mencakup evaluasi atas semua proses tersebut.

Konsultan akan mengevaluasi keberhasilan atas pencapaian target dan tujuan berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. Dalam proses controlling ini, jika ditemukan kesalahan maka tim konsultan akan melakukan tahapan klarifikasi dan koreksi guna merumuskan solusi atas masalah yang muncul agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Tentu saran yang diajukan oleh konsultan manajemen merupakan opsi kedua. Sehingga keputusan sepenuhnya masih berada di tangan klien dan memerlukan pertimbangan yang kuat antara kedua belah pihak guna mencapai konsensus terbaik.

Selama 21 tahun berkiprah, Skha telah membantu ratusan klien untuk mewujudkan impiannya. Mulai dari planning, implementing, hingga transforming. Skha menghadirkan one stop solutions yang terpersonalisasi bagi bisnis Anda.

Pelajari ragam layanan kami melalui laman layanan Skha, jika Anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut, segera hubungi kami. Anda juga dapat mempelajari informasi terbaru seputar dunia bisnis melalui laman artikel kami.

Share this Article:

Artikel

Artikel Terkait

Simak cerita, penelitian, dan pengalaman dari Skhantorian.

Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form