...
Seputar Karir

Kenal Lebih Dekat dari Pengalaman Jadi Konsultan Manajemen di Skha

Berkarir sebagai konsultan manajemen masih menjadi incaran banyak orang, terutama fresh graduate. Hal ini tidak terlepas dari tingginya permintaan, serta pilihan perusahaan yang beragam. Mulai dari skala nasional, hingga internasional.

Pekerjaan seorang konsultan manajemen identik dengan lingkungan yang serba cepat, jam kerja yang tinggi, serta kemampuan analisis dan negosiasi. Itu sebabnya, bagi Anda yang tertarik berkarir di bidang ini, penting untuk mencari tahu testimoni pengalaman jadi konsultan manajemen di perusahaan impian Anda.

Dengan mengetahui pengalaman tersebut, maka Anda bisa mendapat bekal dan wawasan lebih untuk mengetahui lebih jauh profesi tersebut, serta kultur perusahaan impian Anda. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan sebuah testimoni pengalaman jadi konsultan manajemen di perusahaan Skha.

Sekilas Tentang Konsultan Manajemen Skha

Skha merupakan perusahaan konsultan manajemen yang telah berdiri sejak tahun 2001. Mulanya, Skha hanya berfokus pada industri perbankan dan perencanaan strategis. Kini Skha terus berkembang di berbagai lintas Industri.

Skha telah menangani klien dengan skala bisnis yang beragam. Mulai dari level pemerintahan, korporasi, unit bisnis, hingga level proyek. Klien kami juga berasal dari beragam industri, seperti perbankan, institusi keuangan non perbankan, FMCG, pertambangan, infrastruktur, kesehatan, pariwisata, properti, hingga digital.

Kini Skha menyediakan solusi bisnis end-to-end yang dapat disesuaikan dengan problematika bisnis klien. Beberapa penghargaan yang berhasil didapat Skha antara lain The Best Reputable Consulting Service Company of The Year dan The Best Reliable Consulting Service Company of The Year.

Perbedaan Skha dengan perusahaan konsultan manajemen lainnya yaitu kemampuan kami dalam menghadirkan solusi bisnis yang terkustomisasi untuk tiap klien. Tentunya hal ini juga mempertimbangkan jenis industri yang dijalankan klien, faktor internal, dan eksternal.

Solusi tersebut diharapkan dapat dengan mudah diimplementasikan oleh klien. Skha juga membantu klien dalam penerapan solusi tersebut agar lebih familiar, sebelum akhirnya diterapkan secara mandiri.

Lingkungan kerja Skha juga didominasi dengan generasi Z dan generasi Milenial, sehingga Anda tidak perlu khawatir merasa canggung. Skha percaya bahwa perkembangan sebuah perusahaan sejalan dengan kemajuan tiap talent-nya.

Itu sebabnya, kami terus berusaha untuk mewujudkan ruang yang ramah bagi Anda yang memiliki semangat untuk terus belajar, dan berproses.

Baca Juga: Mengenal Macam-Macam Konsultan di Indonesia untuk Memulai Karir Anda

Pengalaman Kerja Sebagai Konsultan Manajemen di Skha

Kami akan mengajak pembaca untuk mengulik lebih dalam, bagaimana pengalaman bekerja sebagai konsultan manajemen di Skha, mulai dari ruang lingkup pekerjaan, mengapa memilih berkarir di profesi ini, hingga tantangan yang dihadapi dari sudut pandang seorang Senior Leader Skha yaitu Ramadhani Barjono. Simak selengkapnya!

Ramadhani Barjono merupakan seorang Senior Leader di Skha yang bergabung sejak tahun 2019. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di berbagai industri, ia memiliki keahlian corporate strategy, pengembangan bisnis, hingga project implementation.

Di sela-sela kepadatannya sebagai seorang Senior Leader, Ramadhani tetap menyalurkan hobinya dalam menyanyi, menggambar, dan kegiatan kreatif lainnya. Baginya, kreativitas dapat membantunya untuk berpikir secara out-of-the-box yang mana sangat diperlukan dalam problem solving, serta membantunya untuk dapat mengekspresikan emosinya ke arah yang lebih positif.

Sebagai seorang Senior Leader, Ramadhani memiliki tanggung jawab untuk menangani sebuah project dengan struktur tim yang besar. Di sini, kemampuan Ramadhani diperlukan melihat project secara komprehensif. Ramadhani juga diperkenankan untuk mengambil keputusan sendiri berupa quick problem solving jika diperlukan.

Mengapa Anda memilih profesi ini?

Saya memiliki tujuan besar untuk memberikan impact atau dampak yang baik bagi orang lain, dalam hal ini termasuk untuk keberlangsungan bisnis. Tujuan menengahnya yaitu pekerjaan ini mengakomodasi kebutuhan saya seperti dikelilingi circle yang inspiratif baik tim internal maupun client, bertemu dengan anak-anak muda yang memiliki aspirasi dan cara berpikir yang berbeda.

Serta, pekerjaan ini saya senangi dan memberikan saya kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari hari ke hari karena adanya goals-goals kecil yang harus kita capai.

Apa tantangan yang Anda hadapi dalam bekerja sebagai konsultan bisnis?

Tantangannya yaitu saat kita datang sebagai konsultan ada ekspektasi dan visi dari klien, untuk kita dapat sebaik mungkin membantunya mencapai tujuan proyek yang ditetapkan. Di situlah pentingnya kita mengelola atau menyamakan ekspektasi serta visi sebelum project dijalankan. Selain itu, selalu ada tantangan baru karena ada banyak sektor yang dihadapi sehingga memerlukan pengetahuan-pengetahuan baru.

Bagaimana rutinitas harian seorang konsultan manajemen?

Di Skha jam kerjanya sangat fleksibel dan tergantung kita ingin planning seperti apa. Saya pribadi tiap pagi digunakan untuk bermeditasi dan berkontemplasi. Selanjutnya, ada dua pilihan yaitu langsung bekerja atau checkpoint bersama dengan tim.

Setelah itu, pekerjaan bisa langsung dimulai. Baik itu WFO, WFH, online meeting, maupun on site meeting dengan klien. Nantinya di siang atau di end of the day akan ada checkpoint lagi mengenai pekerjaan apa saja yang sudah selesai. Jika tidak ada kendala, maka bisa langsung checkout dan pada malam hari tentu kita tidak bekerja lagi.

Tidak sedikit juga teman-teman Skha yang menggunakan waktu ini untuk hangouts bersama teman-temannya di daerah sekitar SCBD, berkumpul bersama keluarga, atau sekadar beristirahat. Kecuali jika ada keperluan mendesak yang mengharuskan kita untuk menyelesaikan sebuah deliverables, tetapi hal ini tentunya tidak berlangsung terus menerus.

Mengapa Memilih Skha?

Setiap orang tentu memiliki alasan memulai karir sebagai konsultan, ada yang melihat berdasar atas kisaran gaji, ketertarikan akan tugas dan tanggung jawab yang diemban atau referensi dari teman atau rekan yang berada di lingkungan kerja serupa.

Bagi saya, bekerja di Skha memberikan kesempatan untuk mengembangkan pribadi dan profesionalisme saya dalam bekerja, selain itu lingkungan kerjanya juga positif. Di Skha, kesempatan untuk bekerja dengan banyak Top-Level Management dari berbagai industri dan entitas pemerintah sangat terbuka lebar, dan itu merupakan pengalaman yang sangat berharga.

Berdasarkan pengalaman jadi konsultan manajemen di atas, Skha merupakan pilihan tepat bagi Anda untuk memulai karir sebagai seorang konsultan manajemen. Demografi yang diisi dengan Milenial dan Gen Z, serta komitmen kami untuk mewujudkan ruang kerja yang sehat serta mengedepankan kemajuan bagi tiap individunya, merupakan rumah sekaligus batu loncatan bagi Anda untuk memulai serta memperkaya pengalaman sebagai konsultan.

Baca Juga: Intip Jenjang Karir Management Consultant

Salah satu perusahaan konsultan manajemen di Jakarta yaitu Skha. Sebagai perusahaan konsultan yang telah berkiprah selama 21 tahun, Skha telah menangani berbagai klien lintas industri.

Pengalaman yang tidak lagi sebentar dan jam terbang yang tinggi merupakan salah satu hal yang dapat Anda pertimbangkan untuk memulai karir bersama kami. Skha memprioritaskan perkembangan timnya dengan mewujudkan lingkungan kerja yang suportif. Pelajari selengkapnya melalui laman karir kami.

Share this Article:

Artikel

Artikel Terkait

Simak cerita, penelitian, dan pengalaman dari Skhantorian.

Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form