...
Seputar Karir

Kuasai 10 Soft Skill Ini untuk Menjadi Konsultan Manajemen Profesional

Soft skill akan membantu Anda dalam menggapai pekerjaan impian Anda. Soft skill juga yang akan menjadi keunikan Anda dari kandidat lain. Itu sebabnya, soft skill perlu diasah secara terus menerus.

Soft skill akan sangat membantu Anda untuk dapat survive dan perform dalam berkarir. Tiap pekerjaan pun memiliki kriteria soft skill tertentu yang harus dimiliki oleh calon kandidat, tak terkecuali soft skill untuk menjadi konsultan manajemen bagi Anda yang berminat untuk berkarir di bidang tersebut.

Selain soft skill, terdapat juga hard skill yang harus dimiliki. Lantas, apa perbedaan antara soft skill dengan hard skill?

Hard skill merupakan kemampuan yang dapat dipelajari atau dikembangkan, bisa didapatkan dari pendidikan formal, kursus, workshop, hingga pembekalan yang dilakukan perusahaan. Sedangkan, soft skill merupakan kemampuan yang sebetulnya sudah kita miliki secara umum, seperti komunikasi dan karakter.

Sebetulnya soft skill untuk menjadi konsultan bisnis bisa datang secara alami dari dalam diri. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama, sehingga harus mempelajarinya terlebih dahulu, maka dari itu kami akan mengajak Anda untuk mempelajari soft skill yang harus dimiliki untuk menjadi seorang konsultan manajemen.

1. Memiliki Sifat Karismatik dan Ramah

Sebagai konsultan manajemen, Anda akan berinteraksi dengan berbagai karakter orang. Mulai dari rekan kerja tim Anda sendiri, hingga klien. Hal tersebut mengharuskan Anda menjadi sosok yang karismatik dan ramah.

Sifat ini dapat ditunjukkan dengan kemampuan Anda dalam berbaur yang menarik dan menyenangkan. Bila klien  menganggap Anda sebagai orang yang menarik, tentu lebih mudah bagi mereka untuk mempercayai Anda dan tim.

Sifat ini juga menunjukkan bahwa Anda merupakan orang yang dapat diajak berkolaborasi guna mencapai sebuah tujuan.

2. Etos Kerja yang Kuat

Soft skill ini sebenarnya tidak hanya berlaku bagi Anda yang ingin menjadi konsultan manajemen, tapi untuk semua jenis pekerjaan. Dalam dunia konsultan manajemen, etos kerja yang kuat akan tercermin melalui bagaimana profesionalisme Anda dalam bekerja.

Salah satunya yaitu bekerja lebih keras untuk membantu klien mencapai tujuannya dalam pengerjaan sebuah proyek. Mulai dari waktu, tenaga, hingga akal tentunya perlu Anda pusatkan demi kepuasan dan goals klien.

3. Positive Vibes & Attitude

Sebagai seorang konsultan manajemen, seringkali Anda dihadapkan pada jadwal yang padat. Hal ini terjadi karena banyaknya proyek yang sedang di-handle dan rangkaian proses yang Anda lakukan guna merumuskan sebuah solusi permasalahan klien.

Di tengah padatnya jadwal, Anda harus tetap menjadi pribadi yang memotivasi dan membawa atmosfer positif setidaknya bagi rekan kerja Anda. Bahasa kekiniannya yaitu positive vibes. Soft skill ini akan membantu Anda untuk diingat sebagai sosok yang menyenangkan dan dapat diandalkan bagi rekan Anda.

Untuk menunjukkan energi yang positif terdapat berbagai cara yang dapat Anda lakukan. Mulai dari selalu tersenyum, menyemangati rekan kerja, hingga mengapresiasi kinerja dengan memberikan pujian.

4. Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Kemampuan berkomunikasi yang baik dalam bentuk lisan maupun tulisan merupakan soft skill untuk menjadi seorang konsultan manajemen profesional. Hal ini karena layanan yang Anda tawarkan kepada klien yaitu berupa ide.

Untuk meyakinkan klien atas ide yang Anda tawarkan, tentunya penting bagi Anda untuk dapat menjelaskan kepada klien secara tepat dan jelas. Kemampuan menuangkan apa yang ada dalam pikiran Anda dengan cara yang sederhana dan mudah dimengerti ini memudahkan klien untuk memahami maksud Anda.

Sehingga, komunikasi dapat berjalan secara aktif dan dua arah.

5. Deep Listening Skills

Untuk menjadi seorang konsultan manajemen yang baik, Anda harus menjadi pendengar yang baik pula. Pendengar yang baik tak hanya mampu mendengar secara jelas apa yang lawan bicara katakan, tapi memahami secara pasti maksudnya.

Itu sebabnya kemampuan ini dinamakan “Deep Listening”, kemampuan mendengar dan memahami secara menyeluruh. Sejalan dengan tanggung jawab Anda, tentu tidak mungkin Anda dapat membantu klien memecahkan masalah yang dihadapinya, tanpa memahami apa yang mereka butuhkan, dan apa goals yang ingin mereka capai.

Indikator kemampuani deep listening salah satunya adalahkemampuan Anda untuk memutuskan kapan harus bertanya, apa yang akan ditanyakan, atau sesederhana diam mendengarkan secara seksama kata demi kata yang terucap dari lawan bicara.

Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Konsultan Manajemen, Apa itu?

6. Sifat Kepemimpinan

Soft skill untuk menjadi konsultan manajemen selanjutnya yaitu memiliki sifat kepemimpinan atau leadership. Sifat kepemimpinan akan membantu Anda dalam memimpin dan bekerja sama dengan berbagai jenis orang.

Sifat kepemimpinan tak melulu diwujudkan dalam bentuk posisi tertentu, tapi bagaimana Anda bertanggung jawab, memotivasi, dan berinisiatif untuk tim Anda guna mencapai sebuah tujuan.

7. Manajemen Waktu

Jadwal yang padat antara meeting dengan klien, tim internal, hingga pihak ketiga akan menjadi tantangan tersendiri yang menghiasi hari-hari Anda sebagai konsultan manajemen. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memiliki kemampuan manajemen waktu secara efisien.

Kemampuan ini akan membantu Anda untuk mengidentifikasi pekerjaan mana yang merupakan prioritas, sehingga segala pekerjaan berjalan sesuai jadwalnya.

8. Kepercayaan Diri

Sebagai seorang konsultan, tentu Anda akan membuat sebuah keputusan besar yang berdampak bagi klien Anda. Itu sebabnya, penting untuk memiliki kepercayaan diri atas kemampuan dan pengetahuan yang Anda miliki.

Tanpa kepercayaan diri, sulit bagi klien hingga rekan kerja untuk mempercayai Anda.

9. Persuasif dan Negosiatif

Kemampuan persuasif akan membantu Anda untuk berkolaborasi dengan klien dan rekan kerja, seperti mempengaruhi atau bernegosiasi. Kemampuan mempengaruhi secara positif akan membantu tim Anda untuk mencapai goals-nya.

Semua kemampuan tersebut memang wajib Anda miliki, karena dalam menjalani pekerjaannya seorang konsultan akan dihadapi dengan berbagai tantangan. Dengan mengetahui soft skill untuk menjadi konsultan manajemen, maka Anda bisa mempelajarinya mulai sekarang.

10. Mudah Beradaptasi

Berkarir sebagai konsultan manajemen membuka kesempatan Anda untuk terus belajar, karena perkembangan bisnis dan ekonomi yang dinamis. Itu sebabnya, kemampuan beradaptasi dengan baik akan membantu Anda untuk tetap survive dan perform dalam melayani klien Anda.

Baca Juga: Intip Tanggung Jawab Pekerjaan Konsultan Konsultan Manajemen dan Prospek Karirnya

Soft skill juga dapat terus dikembangkan di dunia kerja. Selama Anda menjadi konsultan manajemen, akan ada begitu banyak pengalaman yang dapat Anda jadikan sebagai pelajaran.

Mengasah soft skill merupakan salah satu prioritas Skha untuk mewujudkan tim kerja yang adaptif serta solutif. Lingkungan kerja ini memungkinkan setiap individu dapat stand out di bidangnya. Mulai karir Anda bersama Skha melalui laman karir kami.

Share this Article:

Artikel

Artikel Terkait

Simak cerita, penelitian, dan pengalaman dari Skhantorian.

Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form