...
Seputar Karir

Bagaimana Cara Menjadi Konsultan Manajemen?

Konsultan manajemen adalah seorang profesional yang memberikan solusi untuk suatu permasalahan bisnis, atau upaya mencapai goals tertentu yang diinginkan oleh klien. Pekerjaan ini sangat diminati oleh banyak kawula muda, karena sebanding dengan pengalaman dan insentif yang ditawarkan.

Di Indonesia sendiri, terdapat beragam perusahaan konsultan berskala nasional hingga internasional yang menjadi incaran para job seeker. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang sudah mempersiapkannya sejak masih menjadi mahasiswa.

Bagaimana cara menjadi konsultan manajemen? Apa saja yang harus dipersiapkan? Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi kepada Anda mengenai cara menjadi konsultan bisnis. Pelajari selengkapnya!

Cara Menjadi Konsultan Bisnis

Untuk dapat berkarir menjadi konsultan manajemen penting bagi Anda untuk konsisten berproses dalam mempelajari beberapa bidang keilmuan yang relevan, salah satunya yaitu seputar bisnis. Berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk menjadi seorang konsultan bisnis:

1. Membekali Diri dengan Skill yang Relevan

Bagaimana cara menjadi konsultan manajemen? Pertama, Anda dapat memulai langkah pertama dengan mengasah soft skill yang relevan dengan profesi seorang konsultan manajemen. Soft skill yang relevan seperti kemampuan interpersonal, leadership, mudah beradaptasi, dan lain sebagainya dapat Anda asah sejak duduk di bangku kuliah.

2. Menempuh Pendidikan Formal di Bidang Terkait

Pendidikan formal juga membantu Anda untuk dapat berkarir sebagai konsultan manajemen. Ilmu perkuliahan merupakan pengantar yang akan memudahkan Anda untuk terjun di dunia konsultan manajemen. Semasa kuliah, Anda akan mempelajari bagaimana suatu bisnis dapat bekerja, tantangan, menganalisis sebuah study case untuk menghasilkan solusi.

Anda dapat mengambil jurusan administrasi bisnis, perdagangan, akuntansi, teknik industri, manajemen, marketing, ekonomi, dan jurusan lainnya yang terkait.

3.    Memperkaya Pengalaman dengan Internship

Selama menjalani masa perkuliahan, penting bagi Anda untuk memperkaya pengalaman khususnya di dunia konsultan manajemen dengan mengikuti program magang, atau paruh waktu. Kesempatan ini akan memberikan pengalaman yang berharga untuk memahami cara kerja dan tanggung jawab seorang konsultan manajemen.

Internship juga memberikan Anda kesempatan untuk berhubungan dengan rekan profesional di sebuah industri yang nantinya bisa menjadi tawaran potensial saat Anda lulus kuliah. Saat ini, banyak perusahaan konsultan bisnis yang telah menjalin kerja sama dengan institusi pendidikan dengan membuka kesempatan internship.

Baca Juga: Kuasai 10 Soft Skill Ini untuk Menjadi Konsultan Manajemen Profesional

4. Melanjutkan Jenjang Pendidikan atau Sertifikasi Keahlian

Tahapan pertama dalam berkarir sebagai konsultan manajemen yaitu Associate Consultant, jenjang yang lebih tinggi berikutnya yaitu Senior Associate Consultant. Untuk memiliki jabatan yang lebih tinggi, tentunya Anda harus memiliki kemampuan yang mumpuni juga.

Untuk memaksimalkan kemampuan yang Anda miliki, pertimbangkan untuk melanjutkan jenjang pendidikan atau mengambil sertifikasi keahlian. Hal ini akan meningkatkan wawasan dan kemampuan Anda, serta meningkatkan penawaran Anda.

5. Bergabung dengan Perusahaan Konsultan Manajemen

Perusahaan konsultan manajemen (consulting firm) merupakan salah satu pilihan terbaik untuk memulai karir impian Anda sebagai konsultan manajemen. Di perusahaan konsultan, Anda akan mendapatkan pembekalan dan bekerja sama dalam tim untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi klien, serta merumuskan solusi dan strategi yang tepat sasaran.

Untuk mendaftar, Anda dapat mengunjungi website perusahaan konsultan, atau melalui platform online. Jika Anda lolos masuk ke tahap wawancara, pastikan Anda meng-highlight kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi yang dicari perusahaan tersebut.

Konsultan Bisnis dari Lulusan Apa?

Bagi Anda yang tertarik untuk menekuni bidang ini, bisa dimulai dengan mengambil jurusan berkaitan dengan bidang tersebut. Ada beberapa jurusan di perguruan tinggi, yang bisa Anda pilih, yaitu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Teknik Industri.

Di dalam jurusan tersebut, nantinya Anda akan mempelajari hal-hal yang terkait dengan dunia bisnis. Mulai dari manajemen bisnis internasional, manajemen bisnis syariah juga pengetahuan yang berkaitan dengan ekonomi dan keberlangsungan suatu perusahaan.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk berkarir sebagai konsultan bisnis. Kini, Anda dapat mempersiapkannya sejak duduk dibangku kuliah. Menjadi konsultan manajemen merupakan kesempatan besar Anda untuk mengembangkan skill dan memperkaya pengalaman.

Untuk menjadi konsultan manajemen profesional, lingkungan kerja yang suportif sangat mempengaruhi, sehingga para individunya dapat terus mengasah soft skill dan hard skill-nya.

Baca Juga: Intip Tanggung Jawab Pekerjaan Konsultan Manajemen & Prospek Karirnya

Salah satu perusahaan konsultan manajemen di Jakarta yang dapat menjadi pilihan Anda untuk mengembangkan skill dan memperkaya pengalaman, yaitu Skha. 21 tahun berkiprah, Skha telah mencetak banyak stand out employee. Mulai karir Anda bersama Skha, kunjungi laman karir kami untuk info selengkapnya.

Share this Article:

Artikel

Artikel Terkait

Simak cerita, penelitian, dan pengalaman dari Skhantorian.

Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form


Hiring Form